Karakter: Kondo Isao

 https://ginnodangan.files.wordpress.com/2011/10/gintama228-06.jpg
KONDO ISAO
Umur: 28
Ulang Tahun: September 4 (Virgo)
Rambut: Coklat gelap
Mata cokelat
Tinggi: 184 cm
Berat: 80 kg
Golongan darah: A
Kondo Isao adalah Komandan Shinsengumi. Ketika sedang tidak bekerja, ia sering menjadi Stalker (penguntit) dari Shimura Tae(Otae). dia berjuluk Gorilla-penguntit.

Boss besarnya adalah Matsudaira Katakuriko, seorang perwira tinggi pemerintahan di bawah kontrol langsung dari Bakufu. Meskipun Komandan polisi, tapi si Kondo malah sering jadi bahan bully-an oleh Gintoki cs dan bahkan oleh bawahanya sendiri. Biarpun begitu, Shinsengumi sangat Loyal padanya

Kondo berteman baik dengan bawahanya. Yaitu,Hijikata Toushirou dan Okita Sougo dari Shinsengumi, dan jika salah satu dari mereka tersesat, maka dua lainnya akan mencarinya. Sougo juga sering menyatakan bahwa sikap baik Kondo juga kelemahannya, karena ia tidak pernah memperhatikan sisi negatif tentang orang lain alias dia selalu Husnudzan dengan orang lain (Arc Shinsengumi Crisis).

Di Suatu arc. ia digambarkan oleh Itou Kamotarou sebagai orang yang jujur, murni dan tak ternoda. Dalam Arc yang sama, Hijikata Toushirou menggambarkan dia sebagai jiwa dari Shinsengumi, dan sisanya dari mereka menjadi pedang yang melindungi dia. Hijikata juga mengatakan bahwa semua orang bergabung dengan Shinsengumi karena ada Kondo, dan bahwa selama dia ada di sana, Shinsengumi tidak akan Mati.

Ketika Kondo pernah bertanya pada Otae apakah dia masih akan mencintai pacarnya Bahkan jika ia memiliki pantat berbulu dan Otae menjawab akan tetap mencintainya. sejak itulah Kondo resmi menjadi penguntit dari Otae.Dalam masa kecilnya, Kondo Isao adalah anggota dari dojo di Bushuu. Di sana, ia bertemu Okita Sougo dan Hijikata Toushirou, dan merekrut mereka berdua ke dojo.

Beberapa karakter dalam Gintama sering memanggilnya "gorilla" karena Konon Pantatnya berbulu. meskipun ia marah dengan julukan ini, ia kadang-kadang menggunakan kata yang sama untuk mengidentifikasi dirinya.

Kondo Isao didasarkan pada Tokoh sejarah Kondo Isami, terkenal karena perannya sebagai komandan Shinsengumi selama periode Bakumatsu.

Disqus Comments